Sudah Punya BPJS, Haruskah Beli Asuransi Kesehatan Lainnya?

Saat ini, hampir seluruh masyarakat Indonesia sudah memiliki kartu BPJS Kesehatan yang memudahkan mereka untuk berobat ke rumah sakit kapan saja. Pada awalnya, hanya rumah sakit tertentu saja yang menerima kartu kesehatan ini tapi saat ini semua rumah sakit diminta untuk menerima pasien BPJS Kesehatan. Dengan mengandalkan kartu ini, pasien tidak perlu lagi keluar banyak duit karena semuanya ditanggung oleh pemerintah tapi para pemegang kartu diwajibkan untuk membayar iuran setiap bulannya sesuai ketentuan yang berlaku. Meskipun demikian, sejumlah orang di luar sana masih menganjurkan untuk membeli asuransi kesehatan dari perusahaan-perusahaan asuransi, entah itu Sinar Mas, Allianz, Manulife, dan lain sebagainya guna mendapatkan layanan medis yang sesuai harapan dan lebih baik. Bagaimana menurut Anda sendiri, haruskah seseorang membeli asuransi kesehatan lainnya jika sudah mempunyai BPJS? Temukan jawabannya di bawah ini:

Tidak harus jika…

Apabila Anda merasa bahwa iuran yang dikeluarkan untuk membayar BPJS sudah cukup membebani pengeluaran bulanan, tak perlu lagi membeli asuransi kesehatan lain. Mengapa? Dengan membeli polis asuransi kesehatan lainnya, mau tidak mau Anda harus mengeluarkan uang lagi untuk membayar premi yang jumlahnya tentu tidak sedikit. Jika Anda tidak mengelola keuangan dan pengeluaran Anda dengan baik, kebutuhan sehari-hari Anda bisa saja tidak terpenuhi dan Anda pun besar kemungkinan akan memiliki hutang. Maka dari itu, Anda tidak diharuskan untuk membeli asuransi kesehatan lainnya jika hal tersebut hanya akan menambah pengeluaran bulanan. Sebaiknya fokus pada pembayaran iuran bulanan untuk kartu BPJS yang dimiliki agar tidak mengalami masalah keuangan. Alasan lainnya adalah riwayat kesehatan yang dimiliki. Jika tidak ada anggota keluarga yang memiliki riwayat kesehatan yang buruk dan Anda pun menerapkan pola hidup sehat dalam keseharian Anda, kecil kemungkinan asuransi kesehatan akan digunakan. Hal ini dikarenakan kemungkinan untuk jatuh sakit parah terbilang kecil. Jika hanya sakit ringan, seperti demam, batuk, atau pilek, membeli obat di apotek bisa menjadi solusi cepat.

Harus apabila…

Jika Anda punya dana lebih dan Anda tidak keberatan untuk mengeluarkan uang lebih guna membayar premi asuransi kesehatan di tempat lain, sangat disarankan untuk membeli polis asuransi tersebut. Hal ini bukanlah tindakan buang-buang uang karena ini adalah salah satu bentuk investasi untuk masa yang akan datang. Hal ini pun patut untuk dilakukan apabila riwayat kesehatan keluarga Anda ada yang tidak baik. Sebagai contoh, jika ayah atau ibu Anda menderita diabetes atau kanker, ada kemungkinan bahwa Anda akan menderita penyakit yang sama cepat atau lambat. Apalagi jika pola hidup Anda kurang baik. Memiliki asuransi kesehatan dari perusahaan lain akan membuat Anda mendapatkan layanan yang lebih optimal. Sebagai contoh, jika di BPJS Anda, ruangan kelas yang bisa ditempati adalah kelas II dan di polis asuransi Anda yang satunya VIP, sementara itu Anda butuh ruangan yang tenang dan nyaman, Anda bisa menggunakan polis asuransi Anda yang satunya untuk bisa dirawat di ruang VIP tersebut. Contoh lainnya adalah, kartu BPJS Anda hanya bisa digunakan untuk rawat inap selama 7 hari dalam satu bulan sedangkan Anda butuh rawat inap selama 10 hari, Anda bisa melanjutkan perawatan inap dengan menggunakan polis asuransi Anda yang lainnya.

Bagaimana jika riwayat kesehatan baik? Apakah masih perlu membeli asuransi kesehatan di tempat lain? Sangat disarankan untuk membeli guna mendapatkan layanan medis yang sesuai harapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *